Friday, January 6, 2012

Nama Gunung Dan Ketinggian Mdpl.

Gunung Ciremai Kuningan - Jawa Barat

Ketinggian: 3078 Mdpl.

Taman Nasional Gunung Ciremai termasuk dalam wilayah administratif Kab. Kuningan dan Majalengka dengan luas +15.500 Ha, yang berbatasan langsung dengan 25 desa di Kab. Kuningan dan 20 desa di Kab. 

Majalengka Hutan di kawasan TNGC sebagian besar merupakan hutan alam primer (virgin forest) yang dikelompokkan ke dalam hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan dan hutan pegunungan sub alpin.

Gunung Ciremai merupakan gunung api soliter dengan kawah ganda ( barat dan timur) dengan radius 600 meter dan kedalaman 250 meter.

Gunung Tampomas Conggeang-Sumedang - Jawa Barat
Ketinggian: 1664 Mdpl.

Ditetapkan sebagai taman wisata berdasarkan SK Mentan No. 423/Kpts/Um/7/ 1979 tanggal 5-7-1979 dengan luas 1.250 Ha
 

Menurut administrasi pemerintahan termasuk Kecamatan Cimalaka, Paseh, Conggeang, Buahdua dan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang. 

Gunung Tampomas adalah sebuah gunung yang utuh terdapat di Wilayah Kabupaten Sumedang.  Tofografi kawasan TWA ini bergunung-gunung dengan ketinggian antara 625 - 1.684 mdpl
 
Menurut klasifikasi Schmidt dan Ferguson iklimnya termasuk tipe iklim B dengan rata-rata curah hujan per tahun 3.518 mm.

Gunung Gede berada di wilayah tiga kabupaten.

Yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi - Jawa Barat Dengan ketinggian 1.000 - 3.000 Mdpl.

Gunung Gede merupakan tempat paling favorit untuk pendakian dan berkemah. Hampir setiap pekan, ada saja pencinta alam yang mencoba mendaki puncak Gunung Gede setinggi 2.958 meter itu. Puncak-puncaknya dapat terlihat dengan jelas dari Cibodas Kecamatan Pacet.

Pendakian terhadap Gunung Gede dapat dimulai dari Pos Jaga yang terletak di dalam Kebun Raya Cibodas. Melalui hutan tropis yang sangat indah, selama pendakian menuju Pondok Kandang Badak (4 jam) yang sebelumnya melewati pertigaan ke arah Air Terjun Cibeureum (1 jam) akan dijumpai 2-3 pondok, mata air dan air panas. Bila kelelahan, bisa istirahat di Pondok Kandang Badak.


Gunung Pangrango mempunyai ketinggian setinggi 3,019 Mdpl. Puncaknya dinamakan Mandalawangi.

Gunung Pangrango juga merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, tepatnya terletak persis bersebelahan dengan Gunung Gede. 


 Gunung Papandayan adalah gunung api yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 Mdpl, itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More