Kamis, 06 Oktober 2011

Kirab Pusaka Wiralodra Indramayu Diarak

Penyerahan Kirab Pusaka Wiralodra Indramayu.

 INDRAMAYU- Bupati Hj Anna Sophanah melepas Kirab Pusaka Peninggalan sejarah Raden Aria Wiralodra. Pusaka tersebut selanjutnya diarak ke semua kecamatan yang ada di Indramayu. Pusaka yang dibawa untuk kirab yakni Cakra, Tombak, dan lainnya. Kirab ini merupakan rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-484 Kabupaten Indramayu tahun 2011,

Pelepasan kirab pusaka dilakukan di halaman pendopo, ditandai dengan penyerahan senjata Cakra kepada H Dasuki, sebagai pengurus benda-benda pusaka dan orang kepercayaan keturunan Raden Aria Wiralodra. Dalam kesempatan itu hadir pula Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (muspida), anggota DPRD, Kepala OPD, pejabat eselon III dan rombongan inti peserta kirab.

Selepas keluar dari pendopo peserta kirab langsung menuju Kecamatan Indramayu, Balongan, selanjutnya ke wilayah Indramayu Timur, diteruskan menuju ke Indramayu Barat dan finis di Kecamatan Pasekan sekitar pukul 02.00. Sepanjang perjalanan arak-arakan benda pusaka ini mendapat sambutan meriah dari masyarakat.

“Kirab pusaka yang dilakukan bertujuan untuk lebih menghormati benda-benda pusaka peninggalan sejarah dan lebih mengenalkan kepada masyarakat Indramayu yang tersebar di 31 kecamatan,” terangnya.
Usai melepas kirab pusaka, bupati beserta muspida, kepala OPD, camat dan undangan lainnya melakukan ziarah ke makam pendiri Indramayu Raden Bagus Aria Wiralodra.

Bupati mengungkapkan, ziarah ke makam leluhur merupakan penghormatan kepada orang tua apalagi merupakan pendiri Indramayu. “Kita harus menghormati orang tua yang telah menjadikan Indramayu ini ada,” katanya.  Sumber: http://radarcirebon.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More