Thursday, August 4, 2011

Renungan Ramadhan.II

"Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa"
Saudaraku.... apa yang terlintas dalam benak ketika kita mendengar ayat tersebut.....?
sangat mungkin bahwa apa yang ada dalam fikiran kita adalah; bulan puasa/ramadhan..., sholat tarawih.., ngabuburit...., pulang kapung/mudik..., lebaran...., dan segala pernak pernik lainnya yg mewarnai kemeriahan sekaligus kehikmatan ibadah di bulan suci ramadhan.
saudaraku.... kita semua memahami bahwa ayat diatas terkait sangat erat sekali dengan bulan suci ramadhan serta segala hal2 yg mewarnainya...
Saudaraku... lalu hal positif apa yg dapat di petik dari ayat diatas.... khususnya oleh kita sebagai generasi muda islam yg sedang berjuang demi membela agama yg suci ini..., demi...menegakkan tonggak-tonggak kejayaan islam yg telah lama roboh.. serta demi menggembalikan cahaya islam yg sudah hampir memudar...
saudaraku..... mari kita perhatikan kembali ayat diatas dengan segenap kebeningan jiwa... awali dengan menyebut nama NYA yg maha penasih lagi maha penyayang.... selami kedalamanya dengan segenap kemurnian hati...
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa" saudaraku.... perhatikan dan rasakanlah bahwa... Allah s.w.t yg hanya kepadaNYA kita abdikan hidup dan mati kita... telah memberi perintah/ komandonya langsung kepada kita dengan "mewajibkan" untuk "berpuasa"
yg berarti bahwa kita sebagai orang yg yakin hanya Allah s.w.t tempat kita berlindung dan rosulullah Muhammad s.a.w adalah tauladan dan pemimpin kita,serta Alqur'an adalah pedoman hidup kita.. wajib menahan diri dari keinginan yg dtg dari hawa nafsu.. dan memurnikan pengabdian kepada Illahi robbi.. sampai kemenangan kita raih...
Coba kita lihat betapa perjuangan rosulullah dan sahabat kala itu.. mereka rela mengorbankan keinginan2 atas kehidupan duniawi demi memperjuangkan keyakinan mereka atas Allah,rosulullah, Al-islam dan Al-qur'an . sebab puasa itu adalah sebuah kewajiban yg harus di laksanakan oleh orang-orang yg didadanya tersimpan IMAN..
Karena dengan semangat puasa dan sertai penunaian zakatlah kemenangan demi kemenangan dapat diraih oleh generasi islam di masa lalu.. hingga islam bertahta di muka bumi dan seluruh umat manusia tunduk pada satu aturan saja, yg membawa manusia ke peradaban yg tertinggi..
Dan seperti dijelaskan pada ayat tersebut bahwa Allah s.w.t pun telah mewajibkannya atas orang2 sebelum umat Nabi Muhammad.... sebab..perjuangan pada zaman apapun musti di barengi dg keyakinan dan pengorbanan demi meraih sebuah kemenangan sejati untuk menjadi manusia yg bertakwa..
Nabi nuh,Nabi ibrahim ,Nabi musa, Nabi isa.dan Nabi-Nabi sebelum rosulullah Muhammad pun mengajarkan kepada umatnya untuk menahan keinginan-keinginan duniawinya demi membela agama yg Tauhid yaitu al-islam. mereka rela meninggal kan kemewahan,harta, keluarga,teman dan orang2 yg di cintainya demi menegakkan al-islam..
Saudaraku inilah semangat ramadhan yg sebenarnya... islam sedang membutuhkan kita untuk berjuang.... sumbangkan segala potensi yg kita miliki demi membela agama yg suci ini.. maka kita akan menjadi orang2 yg benar2 mendapat kemenangan di hari yg agung dan suci.. hingga suara takbir menggetar kan angkasa raya dan seluruh makhluk di muka bumi menyebut kebesaran nama NYA..
Serta kita menjadi manusia sesungguhnya yaitu orang2 fitrah... karena fitrah kita sebagai manusia adalah hidup untuk tunduk,patuh dan mengabdi hanya kepada aturan-aturan Allah s.w.t saja.. dan bukannya tunduk kepada hawa nafsu,serta tuhan2 selain Allah.. seperti: kemewahan,harta duniawi,dan segala aturan yg di buatan manusia yg tidak sesui dg sunatullah dan sunaturrosul..
Saudaraku ancaman atas generasi islam datang dari segala penjuru... gejala-gejala kerusakan umat manusia begitu nyata di depan mata kita... akankah kita berdiam diri... menunggu kehancuran yg lebih parah lagi... dan ketika kita tersadar kita sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi...
saudaraku... jika kita adalah generasi muda islam yg di pundak kita tanggung jawab atas segala kerusakan yg terjadi.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More