Thursday, July 28, 2011

Iwan Fals: Akal Sehat, Etika, dan Estetika

KONSER TANAH -Iwan Fals menggelar konser serial Tanah di halaman rumahnya, Leuwinanggung, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/6/2011) sore. Iwan Fals ditemani Gigi.

Sebagaimana dikatakan Setiawan Djody saat launching Kantata Barock, bahwa musik sebagai bagian ekspresi kesenian pada intinya juga tidak bisa dipisahkan proses kebudayaan. Karena musik itu sendiri tidak sekadar wujud ekspresi berkesenian, tapi juga bisa bermakna sebagai simbol perlawanan dan perubahan terhadap establishme Setidaknya inilah menginspirasi dan menjadi visi ketiga seniman yang dulunya juga menggawangi Kantata Takwa; Setiawan Djody, Iwan Fals dan Sawung Jabo, untuk kembali bergabung dan mengibarkan Kantata Barock.
Dalam jumpa persnya, Iwan Fals lebih banyak diam dan cenderung memilih jadi pendengar, dan baru bersuara lantang saat di atas panggung ikutan buka suara. “Marilah kita berbudaya dengan akal sehat, etika dan estetika,” ujar penyanyi yang lagu-lagunya banyak mengangkat tema kritik sosial. Apa yang dilontarkan Iwan merupakan letupan atas kegelisahan dan keprihatinannya menyikapi bukan hanya atas gonjang-ganjing yang sedang melanda dan menghempas di dunia politik saat ini, tapi di budaya musiknya.

Karena menurut Iwan Fals, musik juga harus dilihat dan dimaknai sebagai persoalan kebudayaan. “Jadi di dunia musik pun mari kita juga berbudaya dengan akal sehat, etika dam estetika. Kalau pinjam istilah Romo Magnis Suseno, beradab,” kata Iwan. Setidaknya itu yang menjadi pesan moral Iwan Fals. Karena sebuah karya musik akan menjadi beradab kalau proses penciptaannya itu sendiri dilandasi oleh kejujuran akal sehat, etika dan estetika.

Dalam launching Kantata Barock yang digelar di rumah Setiawan Djody, Minggu malam kemarin (10/7) dengan penjagaan keamanan cukup ketat, Iwan sempat membawakan sebuah lagu dengan gitar akustiknya, berjudul ‘Ombak’. Menurutnya, lagu ini terilhami oleh rencana Mas Willy untuk bikin Kantata Samudra. Tapi obsesi itu belum kesampaian karena WS Rendra meninggal dunia. Dan, lagu ini ia dedikasikan buat WS Rendra “Aku juga berharap lagu ini masuk di album Kantata Barock,” ucap Iwan sebelum melantukan lagu ‘Ombak’.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More