Tuesday, July 26, 2011

Peta Menuju Kediaman Iwan Fals

Peta menuju Leuwinanggung..

Panggung Kita adalah satu sebutan yang menunjuk pada sebuah panggung pertunjukan yang terletak di halaman belakang rumah pemusik terkenal negeri ini, Virgiawan Listanto alias Iwan Fals. Artinya jika kita sedang menuju ke Panggung Kita, sebenarnya kita sedang dalam perjalanan menuju kediaman sang legenda hidup tersebut.

Rumah Iwan Fals terletak di desa Leuwinanggung, Cimanggis, Depok (alamat lengkapnya: Desa Leuwinanggung No.19 RT.01 RW.02 Cimanggis, Depok 16956). Awal mulanya daerah ini dibawah administrasi kota Bogor. Namun sesuai perkembangan tata kota, kini secara administrasi pindah ke bawah pengawasan kota Depok.

Untuk menuju Desa Leuwinanggung dengan angkutan umum yang murah meriah, yang pertama kali sahabat harus tuju adalah terminal bus. Khususnya buat sahabat yang berdomisili di luar kota Jakarta, sambangilah terlebih dahulu terminal bus di Jakarta yang termudah dari kota dimana sahabat tinggal. Sebagaimana kita ketahui bersama ada begitu banyak terminal bus antar kota dan dalam kota di Jakarta ini. Misalnya Pulo Gadung, Blok M, Lebak Bulus, Kampung Rambutan dll.

Satu pesan saya, sahabat mesti berhati-hati jika sedang di terminal bus di kota Jakarta ini. Jangan menunjukkan bahwa kita tak mengenal kota ini, berlaku wajar adalah yang terbaik. Seringkali berandal di bangku terminal bus itu berlaku iseng kepada orang-orang yang mereka tengarai sebagai pendatang. Apes-apesnya isi dompet pun bisa melayang. Semoga jangan sampai terjadi.

Di terminal bus manapun sahabat sampai di kota Jakarta ini, sahabat harus melanjutkan perjalanan menggunakan bus kota jurusan Kampung Rambutan.

Setiba di terminal bus Kampung Rambutan, sahabat berganti dengan kendaraan angkot kecil, sejenis station wagon dengan nomer angkot 121, jurusan Cileungsi.

Dengan angkot 121 tersebut, sahabat turun di Cibubur Plaza yang terletak di satu sudut pertigaan. Nah, dari jalan masuk yang ada di samping Cibubur Plaza ini, sahabat melanjutkan perjalanan dengan kendaraan angkot yang sejenis tadi dengan nomer trayek 79 jurusan Leuwinanggung.

Bila sudah di atas angkot no 79 jurusan Leuwinanggung ini, sahabat boleh merasa tentram. Ditinggal tidur pun tak akan tersesat lagi, karena kendaraan ini memiliki perhentian terakhir atau pangkalan angkot yang terletak di Desa Leuwinanggung, dimana rumah kediaman Iwan Fals dan Panggung Kita berada.

Bila angkot 79 sudah berhenti di pangkalan tersebut, sahabat tinggal jalan ke arah dalam sekitar beberapa ratus meter dan pertigaan pertama, beloklah ke kanan. Tak jauh dari situ, sahabat akan sampai di tujuan.

Bila sahabat kesana dalam rangka menonton konser ataupun satu acara yang diadakan di Panggung Kita, lebih tak perlu bingung lagi. Selepas dari angkot pasti banyak kawan-kawan kita yang satu tujuan. Tinggal beramai-ramai berjalan kaki menuju Panggung Kita tercinta.

Bagaimana kalau sedang tak ada acara? Tak apa-apa, seluruh orang yang ada di sekitar pangkalan angkot 79 itu akan dengan senang hati menunjukkan lokasi rumah Iwan Fals atau Panggung Kita.

Jadi, sangat mudah kan? Terminal Kampung Rambutan sebagai kuncinya. Saya percaya, bila sahabat sudah kesana sekali saja, akan begitu banyak jalan alternatif yang sahabat bisa buat untuk mendapatkan jalan yang lebih mudah, singkat atau praktis. Tapi bagi yang belum pernah sama sekali, cara diatas akan sangat membantu perjalanan sahabat menuju Panggung Kita. (us)
panduan ini kontribusi dari Unggul.

1 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More